Wednesday, June 1, 2016

(Mengapa) Investasi(ku) Bersama Danareksa (?)

Investasiku Masa Depanku Bersama Danareksa,
Strata pendidikan ikut mempengaruhi seseorang untuk mendapatkan solusi yang tepat dalam setiap permasalahan yang timbul. Hal ini penting,  kebiasaan yang menuntut berpikir empiris di  lingkungan pendidikan menjadi modal awal seseorang menjadi kritis. Program pemerintah wajib belajar 9 tahun tentu menjadi alasan utama pemerintah untuk meningkatkan pola pikir masyarakat. Saya yakin perkembangan dunia pendidikan yang semakin cepat menghasilkan anak didik yang mempunyai pola pikir lebih daripada era sebelumnya. Hal ini tentu dapat kita rasakan, bahwa masyarakat saat ini lebih mempunyai kepedulian terhadap kondisi masa depan mereka dibandingkan dengan masyarakat sebelumnya, ini terlihat jelas dari bagaimana mereka melakukan perencanaan keuangan untuk masa depan.

Perencanaan keuangan dalam mengantisipasi ketidakpastian masa depan akan kebutuhan hidup menjadi tantangan tersendiri bagi kita, sehingga kita membutuhkan cara yang tepat untuk tetap bisa mengimbanginya. Investasi reksadana merupakan salah satu cara tepat menurut saya, terutama bagi negara berkembang seperti negara kita ini. Kondisi ekonomi mayoritas masyarakat dibawah rata-rata,  keuntungan investasi yang lebih besar, serta penarikan dana yang bisa dilakukan setiap saat merupakan alasan kuat investasi ini sesuai dengan kondisi masyarakat kita. Namun bagi masyarakat awam investasi ini masih kurang populer, hal ini disebabkan usia reksadana yang masih muda dibanding dengan jasa perbankan. Hal ini tentunya sangat bermanfaat bagi jasa perbankan untuk menarik nasabah sebanyak-banyaknya dengan produk investasi yang menurut mereka lazim kita kenal sekarang tabungan berjangka atau deposito. Penyebaran informasi yang semakin maju menembus ruang dan waktu menjadi alasan perusahaan reksadana untuk memberi penjelasan kepada masyarakat mengenai kelebihan dan kekurangannya.


Untuk lebih memahami investasi reksadana, maka perlu definisi mengenai hal tersebutReksa Dana adalah wadah untuk menghimpun dana masyarakat yang dikelola oleh badan hukum yang bernama Manajer Investasi untuk kemudian diinvestasikan ke portofolio efek seperti saham, obligasi, dan instrument pasar uang.  Berdasar definisi tersebut kita mendapatkan gambaran bahwa terdapat lebih dari satu produk investasi di reksadana, meliputi investasi saham, investasi obligasi, dan investasi pasar uang. Bagi Manajer Investasi keahlian sumber daya dan strategi khusus dalam mengelola dana investor mutlak diperlukan sehingga akan meningkatkan kepercayaan investor yang berdampak pada bertambahnya jumlah investor maupun jumlah investasi. Untuk menambah keyakinan dan membuka hati kita akan pentingya investasi reksadana di Indonesia, maka saya akan mencoba membandingkan antara investasi reksadana dengan investasi deposito suatu perbankan, sehingga bisa saya sederhanakan sebagai berikut:
  1. Investasi reksadana memerlukan modal awal yang legih murah dibandingkan tabungan deposito. 
  2. Reksadana umumnya menawarkan imbal hasil 20% /tahun, sedangkan tabungan deposito 6% /tahun.
  3. Reksadana, kita bisa melakukan lebih dari satu jenis investasi (diversifikasi), sedangkan tabungan deposito hanya dengan satu jenis investasi.
  4. Reksadana secara umum (selain reksadana terproteksi) bisa ditarik setiap saat, sedangkan tabungan deposito harus menunggu jatuh tempo.
Sebagai pembanding tentu saya harus bersikap obyektif untuk menjelaskan mengenai kekurangannya,  diantaranya :
  1. Terdapat faktor risiko yang ditimbulkan dari investasi reksadana, sedangkan tabungan deposito mempunyai risiko yang lebih kecil.
  2. Keuntungan fluktuatif bahkan bisa mengalami kerugian.
Berdasar gambaran singkat diatas setidaknya kita lebih jelas dalam memahami mengenai investasi reksadana khususnya dalam hal untung dan rugi. Penting untuk menjadi catatan kita bahwa akan adanya faktor risiko dan kerugian investor, namun hal itu dapat dikurangi dengan memilih Manajer Inverstasi yang terpercaya. Dalam upaya tersebut maka PT Danareksa (persero) melalui anak perusahaannya Danareksa Investment Management hadir untuk membantu masyarakat dalam mengembangkan dananya melalui investasi. Hal ini cukup beralasan karena Danareksa Investment Management merupakan anak perusahaan BUMN sehingga faktor risiko yang ditimbulkan bisa dikurangi. Sumber daya manusia yang profesional tentu merupakan kriteria yang sudah terpenuhi. Selain itu sejumlah penghargaan yang diraih menambah nilai keyakinan tersebut.

Permasalahan  keuangan yang menyentuh masyarakat tingkat menengah ke bawah tidak luput dari perhatian Danareksa Investment Management, masalah dana pensiun, masalah dana pendidikan anak, masalah dana ibadah, hal ini dibuktikan dengan adanya peluncuran program Investasiku Masa Depanku. Program ini merupakan program investasi bulanan mulai dari Rp.200.000 per bulan di reksadana saham dan reksadana campuran. Menetukan tujuan investasi merupakan tahapan inti bagi seorang investor, hal ini cukup beralasan karena tujuan investasi yang merupakan cerminan lamanya jangka waktu investasi tersebut akan bermanfaat pada saat dana itu dicairkan sesuai dengan waktu yang direncanakan. Oleh karena itu untuk mempermudah investor dalam memilih produknya, maka Danareksa Investment Management mengelompokkan sesuai dengan jangka waktu investasi dengan rincian sebagai berikut:
Investasiku Masa Depanku Bersama Danareksa
Program Investasiku Masa Depanku
Perencanaan yang matang, pemilihan program yang sesuai akan menghasilkan pendapatkan yang sesuai perencanaan. Harapan saya semoga beberapa paparan singkat tadi membuka kesadaran kita mengenai pentingnya investasi masa depan sebagai sarana perencanaan keuangan yang tepat. Sebagai penutup saya akan memberikan rangkuman bahwa program Investasiku Masa Depanku merupakan program cerdas yang selayaknya kita bersama harus mendukungnya, hal ini sangat beralasan karena bagi investor, melalui program investasi ini diharapkan mendapatkan penghasilan tambahan sehingga pendapatan nasional meningkat, hal ini berdampak pada pertumbuhan ekonomi suatu negara sekaligus permasalahan masyarakat dengan perencanaan keuangan untuk masa depanpun bisa diselesaikan. Perusahaan-perusahaan yang mengalami kekurangan modal dalam melakukan ekspansi, perusahaan reksadana menjadi modal utama bagi mereka sehingga proses ekspansi bisa dilaksanakan, hal ini berdampak juga pada peningkatan pertumbuhan ekonomi masyarakat kita. Dan akhirnya terwujudnya Indonesia Maju tentu sudah siap menunggu.

Salam

Artikel ini diikutserakan dalam kompetisi blog Blogger Writting Competition - Investasiku Masa Depanku bersama ReksaDana Danareksa. Isi dan tulisan dari artikel/blog post ini diluar tanggung jawab Danareksa Investment Management.


No comments:

Post a Comment